YUK KENALI 5 FAKTOR RESIKO KANKER PAYUDARA SEJAK DINI

peradangan kanker payudara

Sumber gambar alodokter.com

Faktor resiko kanker payudara – kanker payudara, siapa yang tidak kenal dengan penyakit yang satu ini? Selain mematikan, penyakit ini juga jadi satu dari sekian penyakit yang belum ditemukan obatnya. Oleh karenanya, penting kiranya untuk menghindari dan mencegah segala resiko yang berkaitan dengan jenis kanker ini. 

Ya, kanker payudara sendiri memang jadi momok menakutkan. Tidak hanya di Indonesia, bahkan di dunia. 

Badan kesehatan dunia—WHO—bahkan menyebutkan bahwa kanker payudara adalah satu dari sekian pembunuh nomor satu di dunia. Alodokter.com melanjutnya, kanker jenis ini bahkan membunuh jutaan wanita dalam satu waktu yang sama. 

Yang menarik dari kanker ini sendiri adalah minimnya gejala yang terlihat. Bahkan, bisa dikatakan kalau gejala kanker payudara sangatlah minim. Gejala baru akan timbul setelah sel kanker menyebar dan mengganggu sel tubuh lainnya. 

Nah, jika berbicara mengenai kanker ini, kita tentu akan membahas pula tentang faktor resko kanker payudara. 

Faktor resiko dari kanker ini terbagi ke dalam 6 jenis. Keenam jenis faktor ini ada yang bisa dihindari, ada juga yang tidak bisa dihindari. Tapi di luar daripada itu, menjadi hal penting bila Anda mengetahui faktor-faktor berikut sebagai bentuk perhatian dan pencegahan dini dari resiko kanker. 

MEMILIKI RIWAYAT KANKER YANG SAMA DARI KELUARGA – FAKTOR RESIKO KANKER PAYUDARA 

Anda tentu sepakat kalau penularan penyakit bisa dilakukan melalui gen. Nah, hal ini juga berlaku pada kanker payudara. Dikatakan hellosehat.com bahwa ibu yang menderita kanker payudara akan berkencederungan memiliki anak yang juga memiliki kanker payudara. 

Walau demikian, masih belum diketahui darimana penyebaran sel kanker tersebut. Yang jelas, dari banyak kasus, genetik adalah faktor penularan kanker yang paling dominan. 

JENIS KELAMIN WANITA MEMILIKI RESIKO YANG LEBIH BESAR – FAKTOR RESIKO KANKER PAYUDARA 

Jangan menganggap bahwa kanker payudara hanya terjadi pada kaum wanita saja. Jika Anda berpikir tersebut, Anda salah. Karena pada kenyataannya kanker payudara juga terjadi kaum pria. Jumlah penderita kanker payudara dari jenis kelamin pria pun terbilang banyak. 

Namun biar begitu, ketimbang pria, wanitalah yang menjadi gender yang paling rentan terkena kanker payudara.

MELAHIRKAN PADA USIA SENJA MENJADI RESIKO YANG KADANG DIABAIKAN – FAKTOR RESIKO KANKER PAYUDARA

Sebenarnya selain resiko kanker payudara, wanita yang melahirkan di usia sendiri memiliki banyak resiko penyakit. Namun demikian, pada kasus ini, kita akan lebih fokus pada resiko kanker yang akan dihadapi wanita saat melahirkan di usia yang senja. 

Ya, wanita yang melahirkan di usia 30 ke atas memiliki kencenderungan mengalami kanker payudara. Oleh karenanya, penting kiranya untuk mengatur jarak kelahiran.

PAPARAN RADIASI JUGA JADI RESIKO YANG HARUS DIWASPADAI – FAKTOR RESIKO KANKER PAYUDARA

Dalam dunia kesehatan kita akan mengenal yang namanya radioterapi. Radioterapi adalah terapi yang dilakukan dengan melibatkan radiasi. Namun demikian, orang yang terlalu sering melakukan radioterapi, atau orang yang terlalu sering mendapatkan radiasi, memiliki resiko kanker yang yang cukup besar. 

SIKLUS MENOPAUSE DAN MENSTRUASI YANG TERLAMPAU DINI/LAMA – FAKTOR RESIKO KANKER PAYUDARA 

Mereka yang memiliki jadwal mensttruasi yang tidak teratur memiliki resiko terkena kanker payudara lebih besar dibanding yang tidak. Pun bila kalian mengalami menstruasi yang terlalu dini. Kalian juga akan memiliki resiko yang sama. 

Lalu bagaimana dengan wanita yang telat mengalami menopause. Pun dengan kalian yang mengalami hal demikian. Kalian juga memiliki resiko yang sama. 

Nah, itulah tadi beberapa faktor resiko kanker payudara yang harus diketahui. Faktor-faktor di atas sedikit banyaknya bisa dijadikan acuan dan pembelajaran.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>